Beranda » Artikel » Pulau Belitung Diajukan Sebagai Global Geopark

MANGGAR–Badan Pengelola (BP) Geopark Pulau Belitung akan mengajukan proposal status Geopark Pulau Belitung untuk menjadi UNESCO Global Geopark (UGG). Jika status ini diraih maka Pulau Belitung resmi menjadi destinasi wisata dunia.

Ketua Badan Pengelola (BP) Geopark Pulau Belitung, Dyah Erowati mengatakan BP Geopark bersama Pemkab Belitung dan Beltim terus berupaya agar segala persiapan untuk pengajuan proposal atau dossier. Salah satunya dengan pemantapan pembangunan amenitas atau sarana pendukung objek wisata.

“Insya Allah semua dibangun tahun 2018 ini. Kita persiapkan untuk pengajuan status geopark jadi UGG,” kata Dyah dalam Rapat Koordinasi Kegiatan Pembangunan dan Pengembangan Geopark 2018 di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Belitung Timur pada Rabu (17/1).

Rapat dihadiri oleh Wakil Bupati Beltim, Burhanudin dan dan dari Kementerian Pariwisata, Larasati Sedyaningsih, pejabat dari Kemenko Perekonomian, pelaku pariwisata, lima kades daerah geosite serta perwakilan dari OPD terkait.

Dyah mengungkapkan rencananya proposal paling lambat akan diajukan pada November 2018 mendatang. Jika terlambat maka pengajuan status harus menunggu lima hingga tahun mendatang.

“Kan setiap tahun hanya boleh dua daerah. Tahun 2018 ini yang akan mengajukan status UGG, Geopark Pulau Belitung sama Danau Toba Sumatera Utara,” ujar Dyah.

Alumni ITB 81 itu menyebutkan jika masih banyak daerah di Indonesia yang berusaha mendapatkan status UGG. Diantaranya, Raja Ampat, Tambora, Maros Pangkep, dan Bojonegoro.

“Kita ini termasuk yang tercepat di Indonesia untuk perolehan status Nasional Geopark maupun UGG. Ini artinya kita pemerintah dan masyarakat sangat mendukung Geopark Pulau Belitung,” tukas Dyah.

UGG adalah area geografis terpadu di mana situs dan lanskap geologi internasional dikelola dengan konsep perlindungan holistik, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan melalui pendekatan dari bawah. Saat ini terdapat 120 UNESCO Global Geoparks yang tersebar di 33 negara.

 

 

Sumber:
Dinas Kominfo
Penulis:
Humas Kabupaten Belitung Timur
Fotografer:
Humas Kabupaten Belitung Timur
Editor:
Irwanto

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.